browser icon
You are using an insecure version of your web browser. Please update your browser!
Using an outdated browser makes your computer unsafe. For a safer, faster, more enjoyable user experience, please update your browser today or try a newer browser.

Press Release Verifikasi UKM 2011

Posted by on 8 February 2011

Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang berada dalam lingkup Keluarga Mahasiswa Institut Pertanian Bogor merupakan salah satu lembaga kemahasiswaan yang menjadi salah satu wadah bagi mahasiswa IPB untuk mengaktualisasikan potensi dirinya serta menjadi sarana pengembangan minat dan bakat. UKM memiliki jalur instruktif-koordinatif dengan DPM dan jalur koordinatif dengan BEM serta bertanggungjawab kepada MPM KM IPB sehingga dalam pelaksanaannya diperlukan sinergisitas antar lembaga kemahasiswaan tersebut secara menyeluruh.

Untuk merealisasikan sinergisitas tersebut, diperlukan suatu sistem yang dapat merapihkan seluruh UKM dari segi administratif mengingat banyaknya jumlah UKM yang ada di IPB dengan lima cluster. Hal ini merupakan salah satu tugas MPM KM IPB sebagai lembaga kemahasiswaan tertinggi dalam Keluarga Mahasiswa IPB yang dilaksanakan oleh Badan Pekerja yang memiliki mandat terkait dengan Pengembangan Mutu dan Hubungan Kelembagaan KM IPB. Sehingga diharapkan UKM IPB dapat membentuk pribadi mahasiswa IPB  yang memiliki skill kompetensi tinggi dalam bidangnya.

Agenda Verifikasi UKM merupakan kegiatan yang wajib dilakukan setiap dua tahun sekali. Kegiatan ini dilaksanakan oleh Panitia Khusus yang dibentuk dalam Rapat Koordinasi Anggota MPM KM yang berasal dari anggota MPM KM dan perwakilan dari UKM tiap cluster.

Tujuan kegiatan Verifikasi UKM KM IPB periode 2010/2011 ini adalah:

  1. Membahas aturan verifikasi UKM dan menetapkan persyaratan verifikasi UKM yang berada di lingkup Keluarga Mahasiswa IPB.
  2. Menilai dan menyeleksi UKM berdasarkan kelengkapan yang ada pada persyaratan dan presentasi UKM yang telah ditetapkan.
  3. Mengesahkan UKM yang memenuhi persyaratan sebagai UKM KM yang resmi di IPB.
  4. Menata kembali lembaga kemahasiswaan yang mengacu kepada penyesuaian dan pemantapan terhadap tata lembaga kemahasiswaan yang ada di lingkup KM IPB.

Kegiatan verifikasi UKM KM IPB periode 2010/2011 ini terdiri dari:

  1. Pembentukan panitia khusus (Pansus) sejumlah 16 orang dengan anggota 11 orang MPM KM dan 5 orang perwakilan dari Forum UKM. Kegiatan ini dilaksanakan di Student Center KM IPB.
  2. Kajian dan analisa peraturan verifikasi UKM serta tata cara penilaian kelayakan UKM yang merupakan kegiatan untuk membuat serta menyusun segala aturan dan tata cara penilaian dalam pelaksanaan verifikasi UKM periode 2010/2011. Kegiatan ini dilaksanakan di Student Center KM IPB.
  3. Sosialisasi dan pendaftaran calon UKM merupakan kegiatan sosialisasi peraturan dan pendaftaran verifikasi UKM untuk dapat mengikuti kegiatan Verifikasi UKM. Kegiatan ini dilaksanakan dari tanggal 15 Januari-27 Januari 2011 bertempat di Student Center KM IPB.
  4. Pengumpulan berkas administrasi persyaratan merupakan kegiatan pemenuhan segala syarat administratif bakal calon UKM untuk dapat mengikuti kegiatan Verifikasi UKM. Kegiatan ini dilaksanakan dari tanggal 17 Januari-29 Januari 2011 bertempat di Student Center KM IPB.
  5. Verifikasi berkas administrasi merupakan kegiatan pemeriksaan kelengkapan segala persyaratan administrasi yang dikumpulkan oleh bakal calon UKM untuk dapat mengikuti kegiatan Verifikasi UKM. Kegiatan ini dilaksanakan tanggal 30 Januari 2011 bertempat di Ruang Rapat Kecil, Student Center KM IPB.
  6. Presentasi kelayakan calon UKM merupakan kegiatan presentasi untuk UKM yang lulus verifikasi berkas administrasi dengan dilakukan penilaian kelayakan UKM berdasarkan indikator yang telah ditentukan. Kegiatan ini dilaksanakan tanggal 3 Februari 2011 dan 5 Februari 2011 bertempat di RK 16 FAK 401 D, RK 16 FAK 401 E dan Student Center KM IPB.
  7. Penetapan UKM yang lulus Verifikasi UKM merupakan kegiatan penetapan hasil rangkaian kegiatan verifikasi UKM oleh MPM KM IPB bagi UKM yang lulus presentasi kelayakan calon UKM.

Di bawah ini merupakan hasil verifikasi UKM secara keseluruhan bagi UKM yang mengikuti seluruh rangkaian kegiatan verifikasi dari pengambilan formulir, pengembalian berkas persyaratan, verifikasi administrasi persyaratan, dan MENGIKUTI presentasi kelayakan UKM. Nama-nama UKM tersebut adalah:

1. KMHD

2. BKIM

3. KEMAKI

4. KMB

5. PMK

6. IPB DEBATING COMMUNITY

7. FORCES

8. KSR PMI UNIT  1 IPB

9. PRAMUKA IPB

10. RESIMEN MAHASISWA

11. CHESS UNITY OF AGRICULTURE (CUA)

12. KORAN KAMPUS

13. CENTURY IPB

14. PSM IPB AGRIA SWARA

15. UNIT KONSERVASI FAUNA

16. AGRIC BOLA BASKET IPB

17. FUTSAL

18. ORYZA BASEBALL-SOFTBALL IPB

19. SEPAKBOLA IPB

20. CABOR PANAHAN IPB

21.  PERSATUAN TENIS MEJA IPB

22. MAX!!

23. IAAS

24. KARATE IPB

25. TARUNG DERAJAT

26. BULUTANGKIS IPB

27. LINGKUNG SENI SUNDA GENTRA KAHEMAN

28. BOLA VOLI IPB

29. AIKIDO IPB

30. KELATNAS INDONESIA PERISAI DIRI

31. KOPERASI MAHASISWA IPB

32. LAWALATA IPB

33. MERPATI PUTIH

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *